08 October 2008

Mr.

Palangka,- Suatu siang yang teduh, terpanggil oleh panggilan perut yang dah nge-rock. Datanglah seorang kisanak ke sebuah warung, warung tempat biasa menghabiskan masa-masa menyambung kehidupan. Langsung nylonong ke belakang, mikir mo makan apa, nyicipin bawang goreng, pesen, duduk manis di deket mita n boneka barunya. Mita lagi manyun aja karena beberapa hari terakhir lagi kurang enak badan.
Nyicipin kripik pisangnya Mita sambil nungguin makan siang. Sambil lihat berita yang isinya banyak kecelakaan mudik n krisis ekonomi di uncle sam. Entah kenapa gw seneng lihat mobil or bus yang kecelakaan, penyok-penyok.
Tara.... Makan siang gw datang. Nyam-nyam. Sambil makan si mbak ikut nimbrung. si mbak cerita, "Kakaq dari xx dateng bawa pisang 3 tandan, dibikin deh keripik". "Lah ini juga di xx lho", kata gw sambi ngunyah nasgor paporit.
Datang si mas dari dapur. "Si ini sekarang di xx lho", si mbak mengumumkan . "iya ta?", si mas sambil benerin duduknya. bla bla bla sambil makanpun berjalan mengalir. Tiba-tiba gw ditanya si mas, "Ikam mau lah kalo nyusul dia ke xx?". "Ya mau lah", gw jawab alakadarnya. "Sekarang gini, misalnya dia tetep di xx, maulah ikam nyusul dia ke sana", tanya masnya lagi. "Konteksnya apa dulu neh, maen ato menetap", tanya gw ga' ngeh. "Menetap" . "Kalo menetap seh tergantung mas, mau kerja apa gw disana?". bla bla bla lanjut lagi.... dan pada akhirnya gw ditanya lagi. "Misalnya ikam disini, trus istri ikam mau cari kerja di luar kota gimana?". "Tergantung juga seh, kebutuhanya dah bisa gw penuhin belum?", jawab gw singkat, bingung bagi konsen makan ma ngobrol. "Kalo semua kebutuhannnya dah bisa dipenuhin disini?", "Ya gak boleh lah, ngapain jauh-jauh. Disini aja dah terpenuhi", gw jawab sambil seikit mikir. Ga tahunya didukung sama masnya. Tuh kan, tanya ke siapa aja pasti jawabnya sama, kata si mas dengan semangat ke si mbak. Gw dikasih contoh, misalnya dah punya bisnis jalan di kota yy, sehari Rp xxx.000. Trus istrinya mo ke kota xx nyari yang "pasti", **S.
Buset!!!! Secara matematika, tuh keluarga menurut gw dah lebih dari cukup. Tapi masih ada aja yang kurang -menurut salah satu. Menurut hitungan matematika menjadi **S lebih "pasti" untuk hari tua. Sehingga harus rela pergi ke luar kota, meninggalkan keluarga. dibandingkan dengan hasil Rp xxx.000 dari swasta. Matematika dan rumah tangga, gak bisa lepas. Tapi selain itu kayaknya ada banyak faktor yang dipikirin lagi dalam rumah tangga.
Gimana gw ntar?gw sekarang nguli di bengkel, penghasilan sehari jauh dari Rp xxx.000 seharinya. belum "pasti", gw mo ditendang, gampang aja. wwiiihhh....
Matematika Rumah tangga, lebih serem dari matematika sekolah. .46.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home