17 October 2006

Ilmu....

Hari ini binroh lagi.... kali ini dapet cerita tentang ilmu.Ada suatu kisah neh,suatu ketika Nabi Muhammad SAW. mendatangi sahabat sekaligus menantunya,Ali bin abi thalib,suami dari putri Rosul Fatimah Azzahra.Rosul bartanya kepada Ali,"Diantara harta dan ilmu,mana yang engkau pilih????".Setelah terdiam sejenak akhirnya Ali memutuskan untuk memilih ilmu.Mendengar jawaban Ali,Rosul tersenyum dan menanyakan alasan keputusan tersebut.Ali lebih memilih ilmu karena 3 hal:
  1. Dengan ilmu akan mudah mencari harta,banyak harta belum tentu mau mencari ilmu.
  2. Harta apabila diamalkan akan habis,sedangkan ilmu apabila diamalkan tidak ada habisnya.
  3. Dengan banyak ilmu maka ilmu tersebut akan menjaga kita,sedang banyak harta kita harus siap untuk menjaga harta tersebut.
Hmmmm.... Mantabs.Emang masuk akal sekali alasan yang disampaikan oleh sahabat nabi.Selain menjelaskan kisah Rosul dan sahabat Ali.Pak ustadz tadi juga menjalaskan tentang 3 ilmu yang hukumnya fardhu a'in untuk dipelajari -tapi pak ustadz baru jelasin 2 aja-.Yang pertama adalah ilmu tauhid.Ilmu yang mengajarkan tata cara meng-Esakan Allah.Ya supaya kita tidak menyimpang gitu lah.Yang kedua adalah ilmu Fifiq,ilmu yang mengajarkan tata cara,rukun dan syarat ibadah.Dalam melakukan segala sesuatu mustahil dilakukan jika tanpa didasari ilmu.Perbuatan maksiat pun memerlukan ilmu,misalnya saja mencuri.ilmu yang -kayaknya wajib- harus ada adalah pinter lari.Kalo kepergok bisa ambil langkah seribu dengan segera.Nyontek -kaya gw dulu!!!! hehe- yang harus ada ilmu kamufalse,ketajaman mata n ketajaman naluri,kecepatan tangan juga butuh deh.wekekekeke.... kalau perbuatan maksiat aja ada ilmunya perbuatan baik juga ada ilmunya dunk.Selamat menuntut ilmu.^-^V.46

0 Comments:

Post a Comment

<< Home